Home / Motivation / Pengen sukses di bisnis online? jangan jadi superman!
12507351_10207267062811312_1557318056541264797_n

Pengen sukses di bisnis online? jangan jadi superman!

Pernah tergiur melihat screenshot earning temen-temen di internet marketing? udah lama terjun di bisnis online tapi belum menghasilkan? buka toko online tapi sepi pengunjung? pernah jadi pengumpul tutorial-tutorial berbagai macam tips “making money” dari internet yang bernilai jutaan? baru terjun di bisnis online tapi bingung mau fokus di bidang yang mana?

Nah dari sekian banyak pertanyaan itu pasti kita semua pernah mengalaminya atau bahkan sedang mengalaminya hehe… ya internet marketing itu luas, banyak cara dan sumber untuk bisa menghasilkan dari bisnis internet terkadang kita dilema dihadapkan berbagai macam pilihan dari mulai online shop, dropship, reseller, PPC, fb ads, SEO, digital product dan lain-lain.

Yap bisnis online itu terdiri dari berbagai macam bidang, bahkan jika kita fokus dalam satu bidang pun misal toko online, membangun toko online itu sendiri pun terdiri dari berbagai macam proses, mulai dari domain, hosting, build website, optimasi keyword, atur produksi jika kita produsen sendiri barang yang kita jual, atur supplier, customer service, pemasaran, penjualan, konten marketing, packing barang, pengiriman dan sebagainya.

businesspartnerNah dengan segala keterbatasan kita, tidak mungkin melakukan semua itu sendirian apalagi jika belum menghasilkan tiba-tiba kita ingin lompat ke bidang internet marketing lainnya, untuk itu jangan jadi superman tapi cari super-team yang siap menjadi rekan bisnis kita. Jika kita memang spesialis di bidang webmaster, maka cari partner yang specialist bidang SEO, atau jika kita ingin fokus di penjualan online cari partner yang bisa mengatur supply chain dari mulai barang masuk, stok gudang, sampai proses pengiriman barang. Jika kita kesulitan menemukan partner yang bisa diajak kerjasama maka cari karyawan yang bisa menjadi robot kita untuk memaksimalkan potensi bisnis online tersebut sehingga kita bisa fokus kepada sales bukan kepada persoalan teknis.

Dan mencari partner bisnis itu seperti mencari jodoh, terkadang ada yang cocok dan ada juga yang ga cocok, itu biasa. Yang jelas, cari rekan yang bisa memulai bisnis ini bersama dan ada rasa saling memiliki core bisnis yang akan kita jalankan, konsekuensinya kita pasti akan berbagi saham, punya saham 60% tapi omset 2 miliar jauh lebih baik dari pada punya saham 100% tapi omset 200 juta, karena partner itu akan melejitkan potensi kita dan meningkatkan omset penjualan kita. Kita tidak akan mengenal partner bisnis kita dengan baik sampai partner bisnis kita mengenalkan kita kepada omset yang signifikan.

So dimana kita bisa cari partner bisnis yang satu visi? banyak cara, dikala lingkugan sekitar kita tidak mendukung dan tidak banyak teman yang memiliki “passion” yang sama dalam bisnis online kita bisa cari di luar, intinya networking, kita bisa datang ke seminar bisnis, seminar motivasi, seminar internet marketing, komunitas, forum, grup facebook, jangan malu untuk bertanya dan “sungkem” dengan senior. Jika kita jago dalam persoalan teknis maka untuk menjalin networking ini kita harus tetap “stay humble” tetap tawadhu atau rendah hati, kosongkan gelas, dan mempersiapkan proposal bisnis kita ke calon rekan kerja.

Dan ada beberapa daftar point pertanyaan penting untuk mendapatkan rekan bisnis yang sesuai dengan ekspektasi kita:

  1. apa yang kita butuhkan dari partner bisnis? seperti hal yang yang tadi dijelaskan jika kita ada kemampuan di teknis tapi ada masalah di dalam manajemen operasional maka yang kita butuhkan adalah rekan yang bisa mengelola operasional usaha. Atau kita punya skill di dalam desain dan kita butuh rekan bisnis seorang programmer, maka kita bisa membuat bisnis jasa design web dan aplikasi.
  2. bagaimana kondisi finansial kita dan calon rekan bisnis kita? karena ada beberapa yang sangat sensitif ketika kita baru akan memulai bisnis dengan partner bisnis kita contoh misalkan kita baru membangun toko online dan sementara omset belum mencapai target ada baiknya persoalan ini didiskusikan dengan calon rekan bisnis kita karena jelas begitu bisnis berjalan argo operasional pasti juga akan berjalan.
  3. bagaimana ekspektasi ke depan dan waktu yang harus diluangkan? karena kita dan calon rekan bisnis kita sudah pasti tidak memiliki waktu dan porsi kerja yang sama jadi sangat penting untuk membuat komitmen waktu dengan calon rekan kerja kita dan target ekspektasi ke depan.
  4. apakah ada sesuatu yang membuat rekan bisnis kita ada atensi untuk membuat bisnis yang lain atau pekerjaan lain? yap kurang lebih sama dengan point nomor 2, ketika kondisi finansial rekan kerja kita belum siap untuk memulai usaha dengan kita sementara calon rekan kerja kita mungkin memiliki biaya hidup yang tinggi dengan keluarga anak istri, maka bersiap-siaplah karena kemungkinan nanti calon rekan bisnis kita akan ada “distraction” atau pengalih perhatian sehingga bisnis yang kita jalankan menjadi tidak fokus.
  5. apa yang akan terjadi jika “joint venture” ini ga berhasil? ya kita memang tidak bisa memprediksi setiap potensi masalah yang datang dalam bisnis yang kita jalankan, biasanya start up yang ada capital sudah memiliki perjanjian hukum yang jelas dengan pengacara atau badan hukum, dan pola yang terbaik adalah bermusyawarah dengan rekan bisnis kita untuk menyelesaikan masalah bersama-sama dengan kekeluargaan.

 

 

Check Also

internet marketing

5 Dasar Internet Marketing Untuk Pemula

1. Perancangan Website Yang Baik Desain sangat penting, terutama untuk website Anda. Karena situs web ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *