Home / Wirausaha / Start Up / Sibuk bekerja VS efektif bekerja?
effective-work-being-present-3-638

Sibuk bekerja VS efektif bekerja?

Ramadhan tahun ini ketika acara berbuka puasa bersama rekan-rekan, ada banyak di antara mereka  absen dan masih sibuk dengan berbagai macam pekerjaan mereka di kantor, sementara banyak juga rekan-rekan yang hadir memenuhi undangan buka puasa bersama dengan membawa keluarga anak dan istri mereka. Padahal secara porsi pekerjaan hampir sama hanya saja kenapa diantara kita ada saja yang super sibuk sampai lembur habis-habisan dan ada juga yang santai tapi pekerjaan bisa selesai?

Nah ini yang akan saya bahas sedikit melalui tulisan ini berharap bisa menjadi sebuah “wake up call” terutama untuk saya yang masih bingung dalam menentukan skala prioritas.

Membedakan orang sibuk bekerja dengan orang produktif bekerja memang susah, kecuali dirinya sendiri, orang bekerja keras belum tentu produktif, dan orang bekerja efisien artinya dia bekerja produktif. Perbedaan ini sangat mendasar, dari segi manajemen waktu contohnya, orang sibuk tidak sempat bersosialisasi sedangkan orang produktif dia akan mengatur waktu untuk bersosialisasi dengan silaturahmi.

Perbedaan yang kedua biasanya orang sibuk mereka baru akan “take action” ketika sudah ada pekerjaan yang betul-betul serius atau menjelang deadline, dan orang yang bekerja produktif mereka punya target pekerjaan yang akan diselesaikan dan akan terus menciptakan “action” baru.

Perbedaan lagi yang ketiga biasanya orang sibuk banyak sekali prioritas pekerjaan yang harus dilakukan sedangkan pekerja yang efisien biasanya sedikit sekali prioritas karena mereka akan menerima job berikutnya setelah pekerjaan prioritas ini selesai.

Perbedaan lagi yang keempat biasanya pekerja yang terlalu sibuk mudah mengatakan “ya” untuk menerima pekerjaan yang berikutnya, dan orang yang produktif mereka akan berpikir 2 kali untuk mau menerima pekerjaan berikutnya sambil mengukur kemampuan dan prioritas pekerjaan yang sekarang sedang dikerjakan. karena orang yang sibuk bekerja mereka membiarkan pintu selalu terbuka dan yang efektif bekerja menutup pintu dengan rapat.

Perbedaan yang kelima orang yang selalu sibuk biasa “berkoar-koar” dan mengatakan kepada teman lain betapa sibuknya dia, sedangkan orang yang produktif mereka tetap diam dengan memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan.

Perbedaan yang keenam orang yang sibuk bekerja mereka akan selalu tidak punya waktu dan mereka akan terus mengatakan seperti itu bahwa waktu 24 jam tidaklah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada, sedangkan orang produktif mereka akan terus tetap fokus dan menghabiskan waktu mana yang lebih penting terlebih dahulu.

Perbedaaan ketujuh orang yang selalu sibuk bekerja biasanya terlalu banyak distraksi atau pengalih-perhatian dan bikin ga fokus, dan terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu seperti timeline news feed facebook, berita, youtube dan lain-lain. Solusi untuk mengatasi masalah distraksi ini salah satunya dengan meng-install chrome extension yang bisa menutup timeline facebook feed

Screenshot at Jun 26 14-33-09

ya dengan newsfeed eradicator for facebook ini kita yang menghabiskan banyak waktu membaca news feed dari status teman-teman kita di facebook, akan digantikan dengan bermacam-macam kata-kata mutiara yang menginspirasi kita untuk bekerja dengan lebih efisien. Bagaimana jika ini tidak berhasil? Block aja url youtube, facebook, detik dan lain-lain melalui firewall atau modem.

Perbedaan yang kedelapan biasanya orang sibuk mereka bekerja multitasking, bermacam-macam pekerjaan dikerjakan sekaligus dan orang yang bekerja produktif mereka konsentrasi terhadap 1 pekerjaan sampai selesai. Walaupun ada beberapa orang memiliki kemampuan untuk multitasking tapi sebagian besar orang sulit untuk bekerja multitasking.

Perbedaan lagi yang kesembilan orang yang super sibuk mereka selalu membicarakan tentang perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang, sibuk membicarakan “change” dan takut untuk tidak bisa “grow” dan berkembang. Sedangkan orang yang produktif mereka ga pernah bicara masalah “change” tapi tetap grow untuk menghadapi perubahan dan tantangan berikutnya.

 

Check Also

internet marketing

5 Dasar Internet Marketing Untuk Pemula

1. Perancangan Website Yang Baik Desain sangat penting, terutama untuk website Anda. Karena situs web ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *