Home / Programming / PHP / Mengenal framework php tercepat saat ini
phalcon

Mengenal framework php tercepat saat ini

Jika kita sudah punya pengalaman dengan berbagai macam framework php seperti codeigniter, kohana, laravel, zend, phalcon, symfony, yii, aura, cake php dan lain sebagainya. Maka kita bisa membandingkan seperti apa “rasanya” menggunakan berbagai macam php framework tersebut.

Hampir semua php framework berbasis MVC, apa itu MVC? singkatan dari Model view controller, ya dalam bahasa sederhananya MVC adalah pola arsitektural yang mendeskripsikan sebuah cara dalam struktur aplikasi serta tanggung jawab dan interaksi dari masing-masing bagian dalam struktur aplikasi tersebut. Untuk lebih mengetahui berbagai macam php framework bisa dilihat di sini: http://www.phpframeworks.com/

Dan dari semua php framework yang ada, saya pribadi merasakan php framework yang tercepat saat ini dipegang oleh Phalcon, dengan slogan Phalcon is a web framework implemented as a C extension offering high performance and lower resource consumption. Phalcon telah membuktikan bahwa aplikasi yang dibangun menggunakan phalcon jauh lebih cepat untuk load dari browser dibandingkan dengan aplikasi yang dibuat oleh framework php lainnya.

Sebenarnya ada yang lebih cepat dari phalcon namanya “slim” tapi slim adalah micro framework jadi tidak bisa dibandingkan dengan full featured php framework seperti phalcon.

Jadi bagaimana cara kerja phalcon sehingga bisa menjadi php framework tercepat? ada banyak faktor diantaranya:

  1. phalcon menggunakan mekanisme php c-extension yang artinya ekstensi bahasa C yang digunakan phalcon diload bersamaan dengan php dalam satu waktu di dalam web server pada saat webserver memulai start daemon proccess.
  2. fungsi dan class yang dipersiapkan oleh extension C sudah siap digunakan untuk berbagai macam aplikasi.
  3. kode tidak di interpreted (ditafsirkan oleh web server) karena sudah dicompile ke dalam prosesor dan platform tertentu.
  4. komponen dalam phalcon tidak menjadi satu tapi kita bisa menggunakan phalcon ini sebagai full framework atau kita bisa mengambil beberapa bagian sebagai glue component.
  5. karena phalcon menggunakan bahasa C – ORM untuk aplikasi php maka interaksi dengan database akan memberikan performa yang maksimal.
  6. phalcon langsung mengakses struktur php internal, dan mengoptimalkan eksekusi.

Jadi jika kita mementingkan performa dalam membangun aplikasi, phalcon framework ini adalah pilihan yang paling tepat saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *