Home / SEO Tips / 7 Tool Riset Keyword Untuk Menarget Pengunjung
keyword

7 Tool Riset Keyword Untuk Menarget Pengunjung

Riset keyword, teknik terpenting dalam menggaet pengunjung. Media Online atau Toko Online atau apapun jenis website anda teknik ini sangat diperlukan guna menaikan trafik pengunjung. Riset keyword digunakan untuk mencari kata kunci yang relevan dari suatu hal.

Misalkan anda ingin mencari tahu kata kunci yang relevan dengan post/produk anda yang bertema kan ‘batu’. Dalam pencarian di riset keyword yang berdasarkan kata kunci ‘batu’, nanti akan muncul hasil keyword relevan dengan ‘batu’, misalkan batu akik, batu bacan, dan yang lainnya. Dalam riset keyword juga akan menampilkan mana saja kata kunci yang sering dicari oleh para pengguna internet.

Disini, kami akan memberitahukan tools apa saja yang digunakan dalam melakukan riset keyword.

1. Google Keyword Planner
Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk perencanaan kata kunci PPC adalah Google Keyword Planner. Aplikasi ini memungkinkan pengiklan untuk mencari kata kunci baru dan kata kunci untuk iklan. Aplikasi Google ini juga menyediakan statistik untuk setiap kata kunci, termasuk besarnya pencarian dan perkiraan cost per click (biaya rata-rata perklik).

2. Google Autocomplete
Tool ini dapat membantu ketika Anda sedang mencari kata kunci yang cukup panjang, dimulai dari kata-kata awal. Ketiklah kata/frasa awal Anda ke dalam kotak pencarian, dan cobalah untuk mengetik tiap huruf agar dapat ditampilkan seberapa jauh kata kunci tersebut dicari. Dan coba untuk mengetik kata kunci dan menempatkan spasi sebelum kata kunci tersebut, agar bisa melihat variasi-variasi yang kerapmuncul.

3. Ubersuggest
Ubersuggest adalah aplikasi penyaran kata kunci (suggestion tool). Aplikasi ini menampilkan data dari Google dan mesin pencari lainnya dengan kata kunci pertama/awal, menambahkan huruf atau angka di kata kunci yang ada, dan menawarkan saran untuk kata kunci. Hal ini juga berguna untuk menguji kata kunci yang panjang dan membantu Anda menemukan kata kunci yang cocok. Ini juga memperluas daftar kata kunci Anda dan membantu Anda menghasilkan ide baru untuk kata kunci yang ingin Anda gunakan.

4. Keyword Tool
Aplikasi Keyword Tool hampir mirip dengan Ubersuggest, karena menggunakan konsep Google Autocomplete, tapi, Keyword Tool lebih unggul selangkah, karena mampu menghasilkan hingga 750 saran kata kunci bagi Anda. Keyword Tool bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sangat user-friendly. Tak hanya itu, ia juga mampu menyarakan sejumlah kata untuk frasa/kata-kata sebelum dan sesudah kata kunci yang Anda inginkan.

5. WordStream Free Keyword Tool
Meskipun memiliki fitur yang terbatas, aplikasi WordSream’s Free Keyword Suggestion lebih andal dalam memberikan kata kunci yang relevan dan bernilai untuk tema bisnis Anda. Aplikasi ini menyediakan kata kunci yang lebih beragam untuk kata kunci yang panjang, dibanding Keyword Planner milik Google. Dan, semua saran kata kunci yang ditampilkan aplikasi ini lebih relevan dibanding saran kata kunci dari aplikasi-aplikasi yang disebutkan tadi. Aplikasi ini mampu mewakili lebih dari satu triliun permintaan pencarian, dan pengguna bisa menggunakannya hingga 30 kali sehari tanpa membayar.Sayangnya, ada beberapa metrik seperti Google Search Volume and Competition yang hasilnya kurang tepat/relevan, kecuali jika Anda menggunakan Wordstream versi berbayar. Wordstream yang tak berbayar juga memiliki aplikasi perencanaan kata kunci termasuk pencari KeyWord Niche, Keyword Grouper dan Negative Keyword Tool, dan lainnya lagiyang dapat membantu menyempurnakan kata kunci yang akan Anda gunakan.

6. Keyword Eye (Basic)
Keyword Eye adalah aplikasi kata kunci visual yang menawarkan ‘gumpalan kata kunci’, dimana ukuran dan warna yang ditampilkan Keyword Eye, masing-masing mewakili besarnya pencarian dan kompetisi. Anda juga bisa melihat saran kata kuncinya dalam tampilan grid dan mengurutkannya dengan metrik tertentu. Keyword Eye menyediakan data yang cukup luas dan panjang, namun mudah dicerna, dan merupakan salah satu alternative untuk menemukan kata kunci yang sesuai.

7. Keyword Revealer’s Keyword Tool
KeyWord Revealer adalah aplikasi tak berbayar yang memungkinkan Anda untuk melihat berbagai saran kata kunci yang relevan serta metrik yang sesuai, seperti Search Volume, CPC, dan Estimated Profit. Mirip dengan Keyword Eye, aplikasi ini menunjukkan seberapa sulit kompetisi yang tengah berjalan dan memprediksi kata kunci yang munngkin menguntungkan. Saran kata kunci yang ditawarkan aplikasi ini sangatlah relevan dan layak untuk dicoba.Tapi, versi gratisnya hanya memperbolehkan 3 pencarian perhari, jadi gunakanlah dengan bijaksana.

Check Also

alogaritma google terbaru

Apakah website kita sudah sesuai dengan alogaritma google terbaru?

Tepat pada tanggal 21 April 2015 kemarin, google mengeluarkan alogaritma terbaru, berfokus pada website yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *