Home / Social Media / Jangan pernah melakukan 5 hal konyol ini di facebook anda
dont do this on facebook

Jangan pernah melakukan 5 hal konyol ini di facebook anda

Facebook memiliki potensi yang sangat besar bahkan untuk sekedar pencitraan facebook bisa jadi alat yang sangat bermanfaat, sering juga selain untuk menghubungkan pertemanan facebook juga sangat powerful untuk menjalin koneksi dengan pelanggan. Untuk itu ada beberapa hal yang semestinya kita tidak lakukan di facebook karena walaupun tidak ada aturan resmi dari facebook tapi beberapa hal konyol ini lah yang kadang membuat kita benci kepada orang yang melakukan hal konyol tersebut, tapi tidak disadari terkadang malah kita juga sering melakukannya.

Berikut dirangkum 5 hal konyol yang tidak boleh dilakukan di facebook sendiri:

  1. Jangan nge-“like” status sendiri atau posting sendiri

suka status sendiri di facebookBanyak meme beredar yang menggambarkan betapa konyolnya orang yang menyukai statusnya sendiri di facebook, ya kita tidak memberikan satu komunikasi yang berarti dengan menyukai status kita sendiri ataupun “like” facebook posting sendiri. Apakah tujuan kita “like” status kita supaya orang lain juga like status / posting facebook kita? atau kita merasa insecure dengan status posting kita di facebook sehingga perlu kita “like” status sendiri? pokoknya kita ga perlu melakukan hal demikian cukup posting atau buat status yang bermanfaat kemudian jika memang bermanfaat pasti orang akan like status facebook kita.

      2. Jangan pernah “tag” sembarang orang di foto facebook

facebook-dont-tag-meNah ini sering dilakukan oleh para seller atau orang yang suka jualan online di fb, ga ngerti sama sekali tata krama berjualan di facebook, posting foto di status kemudian tag sembarang orang atau bahkan orang yang dikenal pun di “tag”, pasti si seller berharap dengan dia tag di foto dagangan tersebut orang-orang yang di “tag” itu suka dan beli produk ini. For your information cara ini sangat ga etis sama sekali, bahkan banyak juga orang yang melaporkan ini sebagai spam. Fasilitas “tag” di facebook ini sebenarnya diperuntukan untuk foto bersama dan orang-orang yang berada di dalam foto itu lah yang seharusnya di “tag” itupun kadang banyak orang tidak suka. So, sudah semestinya seller fb ini belajar banyak bagaimana di fb pribadi dia dipenuhi oleh tag-tag dari foto-foto random bahkan barang-barang dagangan yang sama sekali kita tidak berminat. kalau mau jualan online di facebook banyak alternatif lain untuk beriklan seperti fb ads dan lain-lain, kita akan bahas nanti lebih mendetail di blog inet.co.id

      3. Jangan pernah kirim begitu banyak “invite” untuk “like” facebook fan page anda.

facebook like invitationSerius, cara ini sudah sangat ga etis sama sekali, mungkin masih dianggap normal dulu waktu facebook baru pertama kali muncul dan fitur facebook pages mulai diperkenalkan, tapi sekarang sudah tidak menarik lagi jika menerima begitu banyak “invitation” dari teman-teman bahkan orang yang tidak dikenal untuk menyukai facebook fan page kita. Bahkan sekarang banyak beredar jasa “like” fan page, jadi saatnya random invitation ini kita tinggalkan. Kalau kita punya bisnis  yang kita kelola di facebook fan page, kenapa kita tidak mulai untuk sharing sesuatu yang bermanfaat? jadikan konten fan page kita itu dikenal secara viral oleh banyak orang, ada konten atau video menarik, orang mulai lihat terus banyak yang share deh. Dengan begitu kita akan mendapatkan social media traffic dengan alami.

4. Jangan pernah kirim “App Request”

kirim app requestJika kita sering bermain game di facebook seperti farmville atau salah satu game favorit saya yang bikin ketagihan farm heroes saga, terkadang game tersebut atau aplikasi yang kita akses di dalam facebook meminta kita untuk mengundang teman-teman kita di facebook, bahkan diiming-imingi berbagai macam bonus di dalam game tersebut. Alhasil, aplikasi game tersebut akan mengirimkan jutaan invitation ke facebook kita, jelas ini akan membuat teman-teman kita merasa terganggu, bahkan beresiko kita akan dianggap oleh teman kita “bahwa kita adalah orang yang suka menghabisnya banyak waktu dengan bermain game”.

         5. Jangan pernah kirim pesan pribadi ke banyak orang

Ya sepertinya kita pernah melakukannya, mengirimkan banyak message ke orang-orang dan bilang ke mereka “tolong like facebook fan page saya…”, “tolong vote anak saya ni supaya menang” dan seterusnya. Ini benar-benar menggelikan. Bahkan dibahas dalam komik the oatmeal:

Jika kita pernah mengirimkan pm seperti ini:

2

Maka kita akan terdengar seperti ini:

3

orang-orang membenci gaya bahasa yang datar, dan anda akan dianggap sebagai spam, jikalau kita terpaksa kirim pesan pribadi ke teman kita untuk vote atau like, silahkan ganti gaya bahasa tersebut, buat supaya lebih personal, ya terkesan repot memang, tapi ini jauh lebih baik ketimbang kita kirim “please vote” “please like” ke banyak orang, dipastikan pesan pribadi yang lebih personal akan mendapatkan banyak dukungan like atau vote dari teman-teman kita karena kita bisa berkomunikasi dengan baik melalui personal touch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *