Home / Tech Lifestyle / 5 Dampak Negatif Penggunaan Handphone Yang Berlebihan
handphone

5 Dampak Negatif Penggunaan Handphone Yang Berlebihan

Handphone sudah menjadi bagian penting dari kehidupan bermasyarakat, baik dalam aspek komunikasi maupun bisnis. Seiring majunya dunia teknologi, fitur-fitur canggih pun dimasukan kedalam handphone, agar pengguna lebih aman dan nyaman dalam menggunakannya.

Tapi apakah anda tahu dampak negatif yang dapat terjadi bila memakai handphone secara berlebihan ? Berikut ini akan diterangkan mengenai dampak negatif apa saja ketika menggunakan handphone secara berlebihan.

1.Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Otak
Penggunaan handphone secara berlebihan, dimana setiap waktu tidak lepas dari handphone dapat beresiko menderita kanker otak. Menurut hasil penelitian WHO (Badan Kesehatan Dunia), radiasi yang dihasilkan handphone dapat meningkatkan resiko kanker otak.

2. Dapat Menyebabkan Hilangnya Pendengaran atau Tuli
Penggunaan handphone sebaiknya tidak lebih dari 1 jam perharinya. Jika melebihi waktu tersebut dalam jangka waktu 2 tahun dapat memicu kerusakan pendengaran. Hal ini disebabkan penggunaan handphone yang didengarkan melalui bagian telinga, dapat memancarkan radiasi yang bisa merusak sel-sel rambut yang menjadi sensor suara pada telinga.

3. Dapat Mengurangi Kinerja Denyut Jantung
Jika anda mempunyai kebiasaan menaruh handphone di saku atau kantong baju anda, mulai dari sekarang hentikanlah itu. Ternyata handphone yang diletakan di saku atau kantong baju anda, ketika berdering dan bergetar dapat menimbulkan radiasi pada tubuh, dan dapat berakibat fatal pada kerja dan proses denyut jantung. Jantung akan melemah, dan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah lagi.

4. Beresiko Menurunkan Kualitas Sperma
Apabila anda termasuk pria yang sering menaruh handphone di saku celana, maka berhati-hatilah karena handphone yang diletakkan di saku celana ternyata dapat beresiko mengurangi dan menurunkan kualitas sperma sampai dengan 25%.

5. Nomophobia
Nomophobia (no mobile phone phobia) adalah istilah baru, yang berarti ketakutan akan dipisahkannya pengguna dengan gadget kesayangannya. Istilah ini diperkenalkan oleh peneliti dari Inggris.

Check Also

hari tanpa internet

Apa Yang Terjadi Bila Sehari Dunia Tanpa Internet?

Di era digital seperti saat ini, hampir setiap pekerjaan tergantung terhadap data internet. Mulai dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *