Home / Tech Lifestyle / Anak yang hidup tanpa gadget lebih berprestasi
yahyamainlaptop

Anak yang hidup tanpa gadget lebih berprestasi

Mengambil kutipan dan berita dari CNN, penelitian dilakukan oleh London School of Economics menunjukan bahwa sekolah yang melarang pemakaian ponsel memiliki murid-murid lebih pintar dan memiliki nilai yang bagus dalam ujian. Lembaga riset Childwise di Inggris melakukan riset dan menemukan fakta bahwa anak masa kini rata-rata menghabiskan waktu 6,5 jam per hari untuk beraktivitas dengan gadget-nya.

Hal ini jelas berdampak negatif bagi tumbuh kembang saraf dan otak anak, bahkan banyak penelitian yang melarang anak kecil menggunakan gadget karena berdampak pada kurang pekanya anak terhadap lingkungan sosial sekitar anak, para pejabat dan petinggi perusahaan teknologi pun melarang anak mereka untuk menggunakan gadget dan lebih suka menyekolahkan mereka ke waldorf school, sekolah tradisional tanpa komputer dan gadget.

“Kami melihat pengaruh dari larangan penggunaan ponsel ini sama seperti penambahan satu jam pembelajaran per minggu di sekolah,” kata peneliti Richard Murphy dan Louis-Philippe Beland, mengutip laporan CNN.

Dan jelas anak di sekolah jauh lebih fokus karena tidak adanya ponsel, walaupun banyak manfaat teknologi dan ponsel untuk pendukung pembelajaran anak, namun anak lebih cenderung tergoda untuk bermain game, menonton video, hingga larut dalam social media.

Penggunaan gadget dan ponsel juga bertentangan dengan Steve Jobs, ya Steve Jobs adalah salah satu pionir teknologi yang berhasil memperkenalkan iphone dan juga ipad, sebuah device multifungsi, ketika peluncuran ipad pada tahun 2010, wartawan NY Times bertanya kepada Steve Jobs “So, your kids must love the iPad?” tetapi jawaban Steve Jobs ternyata “They haven’t used it, We limit how much technology our kids use at home.”

Yup, soal teknologi memang anak-anak harus dibatasi, karena penggunaan gadget adalah sesuatu yang mudah dipelajari walaupun sudah dewasa, perkembangan saraf motorik anak harus lebih prioritas ketimbang mereka hanya duduk pasif menatap layar monitor kecil dan tidak melakukan apa-apa melainkan hanya memainkan jari-jari di atas layar, karena para petinggi perusahaan IT pun mereka memiliki masa kecil yang penuh dengan permainan di lapangan.

Check Also

handphone

5 Dampak Negatif Penggunaan Handphone Yang Berlebihan

Handphone sudah menjadi bagian penting dari kehidupan bermasyarakat, baik dalam aspek komunikasi maupun bisnis. Seiring ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *